Memilih Tidak Menikah Apakah Salah ?

Di Indonesia sendiri memang umumnya orang menikah. Jika Anda tidak menikah, atau malah berpikir tidak mau menikah, mungkin dianggapnya sebagai sesuatu yang aneh dan tidak umum, paling tidak mungkin Anda akan mendapatkan stigma – stigma negatif dari masyarakat, dari mulai dikatai perawan tuam bujang lapuk, dsb

Pokonya setinggi apapun pendidikannya, sebagus apapun prestasinya, seganteng atau secantik apapun, semuanya akan dinihilkan jika belum menikah.

Bagi saya Ekspektasi menikah itu hanyalah konstruksi sosial yang tidak ada hukuman legalnya jika tidak dijalankan, jadi kenapa mesti dipikirkan. ?

Sebagai seorang manusia yang waras, baik Anda ataupun saya memang butuh yang namanya Romansa, tapi saya pikir romansa itu memang mahal harganya, sedangkan saya berpikir bisa hidup dan makan saja sudah cukup dan alhamdullilah.

Memang Nasib terbaik adalah jatuh cinta dan menikahi orang yang kita sayangi. Tapi kita tahu, kadang yang tertulis di hati tidak selalu sama dengan yang tertulis di buku nikah. Beberapa orang memilih untuk menikahi orang lain ketimbang orang yang dia cintai, bukan karena tak mampu, tapi itu adalah hal paling masuk akal yang bisa dilakukan. Beberapa bersedia melajang seumur hidup, karena tahu, lebih baik mati sendiri daripada mengkhianati yang benar-benar dicintai. Tapi hidup bukan soal menikahi orang yang kita sukai bukan? Kadang tidak menikah adalah upaya mencintai diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *